Marketing
Mix atau bauran pemasaran
terdiri atas : product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi).
Strategi bauran pemasaran bisnis kayu kelapa/glugu :
A. Product / Produk
Strategi bauran pemasaran bisnis kayu kelapa/glugu :
A. Product / Produk
Produk bisa dibagi menjadi 5 unsur :
1. Bentuk dan warna produk
Bentuk dari kayu kelapa/glugu yang
ditawarkan adalah kayu yang sudah di potong untuk keperluan membuat bangunan.
2. Jumlah / macam-macam yang ditawarkan
Macam-macam produk yang dijual
berupa kayu kelapa/glugu yang di variasikan menjadi kayu balokan, usuk, dan
reng.
3. Kualitas, merk, ketangguhan
Kayu kelapa/glugu yang
dijual dibedakan menjadi 2 macam dengan harga yang berbeda. Yang satu lebih
berkualitas dibandingkan yang satunya. Kemudian kayu yang dijual tidak ada
label merknya, tetapi di tempat penjualan terdapat banner yang bertuliskan
identitas dari bisnis saya.
4. Pelayanan
Pelayanan dalam penjualan kayu
kelapa/glugu ini dimana pelanggan dapat membeli secara langsung di lokasi penjualan
atau bisa juga memesan lewat telepon. Kemudian produk akan di antar secara
gratis sampai ke tempat pelanggan.
5. Bentuk penyajian
Bentuk penyajian dari
kayu kelapa/glugu yang dijual untuk yang balokan dan usuk terpisah per batang
sehingga pembeli diperkenankan memilih per batang yang nantinya akan diikat.
Sedangkan yang kayu reng sudah dalam bentuk ikatan dimana 1 ikat terdiri atas
20 batang.
B. Price/ Harga
Strategi yang dipakai dalam bisnis kayu kelapa/glugu ini menggunakan strategi “pengikut harga pasar” dimana dalam proses bisnis ini, harga kayu kelapa yang dijual bersaing dengan harga kayu kelapa di pasaran walaupun merupakan pendatang baru supaya laba yang diharapkan bisa terpenuhi dan modal bisa segera kembali karena memang kualitas kayu yang ditawarkan bagus. Namun walaupun harga tidak lebih murah dari pasaran, ada keunggulan lain yang diharapkan dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Yaitu dengan yang telah disebutkan di atas, dimana kayu akan di antar secara gratis kemudian dalam pembelian jumlah tertentu yang sudah ditetapkan akan mendapat diskon.
C. Place
Strategi yang dipakai dalam bisnis kayu kelapa/glugu ini menggunakan strategi “pengikut harga pasar” dimana dalam proses bisnis ini, harga kayu kelapa yang dijual bersaing dengan harga kayu kelapa di pasaran walaupun merupakan pendatang baru supaya laba yang diharapkan bisa terpenuhi dan modal bisa segera kembali karena memang kualitas kayu yang ditawarkan bagus. Namun walaupun harga tidak lebih murah dari pasaran, ada keunggulan lain yang diharapkan dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Yaitu dengan yang telah disebutkan di atas, dimana kayu akan di antar secara gratis kemudian dalam pembelian jumlah tertentu yang sudah ditetapkan akan mendapat diskon.
C. Place
Karena pentingnya dalam memilih tempat usaha, maka usaha ini akan bertempat
di daerah Nglorog, kabupaten Sragen. Tempat ini dipilih karena letaknya
strategis, berada di tengah-tengah antara pedesaan dan kota Sragen sehingga
orang mudah untuk mengakses. Kemudian disini belum ada pesaing.
D. Promotion
D. Promotion
Promosi akan dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan
pemasangan baliho di pinggiran jalan, menjadi sponsor dalam event-event besar
di daerah setempat, iklan melalui radio, dan yang paling utama adalah bekerja
sama dengan para tukang bangunan yang cukup terkenal dan banyak dipercaya orang
di daerah setempat. Dengan demikian diharapkan bisnis ini banyak yang
mengetahuinya dalam waktu yang relatif singkat.
Kesimpulan :
Bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan undustri
barang dan jasa untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran. Bauran
pemasaran ini merupakan sebuah strategi dengan menggabungkan berbagai komponen
sehingga diharapkan produk yang dipasarkan bisa segera diterima di pasaran.
Dengan bauran pasaran yang saya lakukan tadi, saya berharap dan yakin bahwa usaha
kayu kelapa/glugu yang saya jalankan akan segera bersaing di pasaran dan bahkan
mengalahkan bisnis serupa yang lebih dulu bersaing di pasaran.