Thursday, 26 February 2015

Cara membuat Instrumen Penilaian Kinerja Guru ( IPKG )

IPKG 2
INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU
(Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran)














Nama                                    : ________________________________
Mata Pelajaran                 : ________________________________
Materi Pembelajaran    : ________________________________
Waktu                                  : ________________________________
Tanggal                                                : ________________________________






















No
Indikator/ Aspek yang Diamati
SKOR
I
PRA PEMBELAJARAN

1
Kesiapan ruang, alat, dan media pembelajaran
1                  2                3             4
2
Memeriksa kesiapan siswa
1                  2                3             4
II
MEMBUKA PEMBELAJARAN
1                  2                3             4
1
Melakukan kegiatan apersepsi
1                  2                3             4
2
Menyampaikan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan rencana kegiatan
1                  2                3             4
III
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A
Penguasaan Materi Pelajaran

1
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1                  2                3             4
2
Mengaitkan materi dengan pengetahuan yang relevan
1                  2                3             4
3
Mengintegrasikan kerja ilmiah dalam pembelajaran
1                  2                3             4
B
Pendekatan/ Strategi Pembelajaran

1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai
1                  2                3             4
2
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1                  2                3             4
3
Menguasai kelas
1                  2                3             4
4
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
1                  2                3             4
5
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
1                  2                3             4
6
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
1                  2                3             4
C
Pemanfaatan Sumber Belajar/ Media Pembelajaran

1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/ media pembelajaran
1                  2                3             4
2
Menghasilkan pesan yang menarik
1                  2                3             4
3
Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/ media pembelajaran
1                  2                3             4
D
Pembelajaran yang Memicu dan Memelihara Keterlibatan Siswa

1
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
1                  2                3             4
2
Merespon positif partisipasi siswa
1                  2                3             4
3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
1                  2                3             4
4
Menunjukkan hubungan antarpribadi yang kindusif
1                  2                3             4
5
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
1                  2                3             4
E
Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1
Memantau kemajuan belajar
1                  2                3             4
2
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
1                  2                3             4
F
Penggunaan Bahasa

1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
1                  2                3             4
2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
1                  2                3             4
3
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1                  2                3             4
IV
PENUTUP

1
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1                  2                3             4
2
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/ pengayaan
1                  2                3             4

SKOR TOTAL IPKG 2


                                                                                                                                ______________, ____________
                                                                                                                                Pengamat,

                                                                                                                                _______________________